Pengertian, Cara Install, dan Cara Menggunakan Aplikasi XAMPP

Kemajuan internet di zaman sekarang ini membuat kita familiar dengan yang namanya website. Website di era ini tidak hanya sebagai sarana untuk menyebarkan informasi tetapi juga bisa sebagai tempat untuk berdagang, bersosialisai, dan lainnya. Untuk belajar membuat website ini kita harus mengenal berbagai pemahaman seperti HTML, Database, Server, sampai bahasa pemrogramannya, dll.
Pengenalan XAMPP
Salah satu aplikasi yang penting sekali untuk anda ketahui adalah software XAMPP ini. Kalau menanyakan software ini ke pengguna komputer biasa, pasti kebanyakan tidak mengetahui fungsi dari XAMPP. Berbeda dengan anak IT atau anda yang sedang mengulik soal web pasti tidak aneh lagi.


Pengertian XAMPP

XAMPP adalah sebuah perangkat lunak gratis yang bebas digunakan di banyak sistem operasi untuk mengkompilasi program berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP ataupun Perl dengan database MySql dan server Apache Http. Software ini dikembangkan oleh TIM pada sbuah proyek yang bernama Apache friends.

XAMPP mempunyai fungsi sebagai server yang berdiri sendiri atau sering kita sebut Localhost. Salah satunya bisa kita gunakan untuk menjalankan program back end seperti PHP. Penamaan dari XAMPP ini juga tidak sembarangan. Masing-masing huruf punya artian dan fungsi sendiri, berikut ini adalah pengertian dari masing-masing singkatan :
  • X: Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
  • A: Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
  • M: MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.
  • P: PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.
  • P: Perl, bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows,PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. [sumber: wikipedia]

Cara Install XAMPP

1. Silahkan download aplikasi ini secara gratis di link : Download XAMPP pilih versi sesuai dengan Sistem Operasi yang anda gunakan
Unduh XAMPP
2. Double klik file yang kita download tadi untuk setup installer xampp.
Installer Xampp

3. Pilih Next
Setup Xampp

4. Pilih lokasi yang akan dijadikan tempat install dan penyimpan folder dari Xampp, dengan cara klik icon Select a Folder
Pilih Folder Install Xampp

5. Pilih drive atau folder yang anda inginkan. Saya contohkan disimpan di Local Disk C:. Select Folder ➜ Klik Next
Select folder xampp

6. Klik Next terus sampai tampil setup Loading Welcome To XAMPP seperti ini :
setup Loading Welcome To XAMPP

7. Sebelum loadingnya selesai akan tampil Windows Security Allert, pilih Allow Access
Allow Xampp

8. Klik Finish
Completing Xampp

9. Pilih Bahasa yang di inginkan,kemudian pilih Save
Save Language XAMPP

10. Saat Control Panel XAMPP tampil, klik tombol Start Apache dan Mysql
COntrol Panel XAMPP

11. Akan tampil lagi Windows Security Alert, pilih Allow Access
Allow Mysql Xampp

12. Anda akan dialihkan ke halaman phpMyAdmin
phpMyAdmin XAMPP

XAMPP sudah berhasil dipasang dan bisa anda gunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi XAMPP untuk menjalankan Program Php

Disini saya akan contohkan cara menampilkan program php pada browser menggunkan XAMPP. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka Folder XAMPP yang tadi sudah di install. cari dan dobel klik XAMPP Control Panel
Cara menggunakan XAMPP 1

2. Pilih tombol Start Mysql dan Apache
Cara menggunakan XAMPP 2

3. Jika sudah aktif. Sekarang buka folder xampp ➛  htdocs ➛ buat folder baru (contoh:hello)
Cara menggunakan XAMPP 3

4. Ini sebagai contoh saja, kita buat file php dengan notepad pada folder hello tersebut. dan kita tuliskan kode php :
<?php
echo "Hello World!";
?>
5. Caranya, masuk ke folder hello ➜ klik kanan mouse ➜ New ➜ Text Document
Cara menggunakan XAMPP 4

6. Dobel klik text document Notepad yang dibuat, kemudian masukkan kode php tadi. Jika sudah pilih File ➜ Save As ➜ File name isi dengan nama "index.php" ➜ Save as type : All Files
Cara menggunakan XAMPP 5
7. Jika file index.php sudah berhasil dibuat. Sekarang buka browser, kemudian akses url : localhost/hello. Maka akan tampil pesan Hello World seperti dibawah ini :
Cara menggunakan XAMPP 6

Seperti itu sedikit pengenalan mengenai XAMPP. Semoga bermanfaat.
Info Terkait :

Pengertian, Cara Install, dan Cara Menggunakan Aplikasi XAMPP

0 Response to "Pengertian, Cara Install, dan Cara Menggunakan Aplikasi XAMPP"

Posting Komentar