Belajar Mengenal Pengaturan Area Kerja Microsoft Office Word Untuk Pemula

Sebelum melakukan pekerjaan, anda sebaiknya tahu pengaturan Microsoft Office Word terlebih dahulu sebelum menggunakan Office Word ini. Agar mendapatkan hasil pekerjaan yang optimal ketika mengolah dokumen, karena bisa menggunakan menu yang disediakan Microsoft dengan baik.

MS Word menyediakan beragam pengaturan yang dapat membantu mengatur area kerja yang anda gunakan. Fitur ini ada pada Word Options yang bisa kita akses melalui tab FileOptions. Terdapat 9 tab grup utama dengan kelompok pengaturan Microsoft Office Word yang masing-masing berbeda, yaitu :


General

Pada tab ini terdapat pengaturan yang bersifat umum pada microsoft office word.
Mengenal-Pengaturan-Area-Kerja-Microsoft-Office-Word-Word-Options

Berikut ini adalah beberapa pengaturan yang ada pada menu general :
  • Show Mini Toolbar on the Selection, untuk memunculkan toolbar mini ketika anda menyeleksi teks
  • Enable Live Preview, untuk memberikan visualisasi dokumen terhadap setiap perubahan format yang anda berikan
  • Show Developer Tabs in the Ribbon, untuk menampilkan tab Developer pada Ribbon yang dapat digunakan untuk kebutuhan penambahan script pada dokumen.
  • Color Scheme, untuk memilih tema yang disediakan Microsoft. Untuk versi 2010 tersedia 3 pilihan warna tema yaitu biru, perak, atau hitam. Untuk Office 2013 dan 2016 juga sama saja.
  • Screen Tip Style, untuk menampilkan screen tip yang berisi informasi nama menu beserta penjelasannya. Screen tip akan tampil secara otomatis ketika meletakan mouse pada suatu menu perintah yang ada pada tampilan ms word.

Display

Menu Display berisi pengaturan tampilan layar dan tampilan saat dokumen dicetak. Pada kondisi default, terdapat beberapa opsi yang dinonaktifkan terutama opsi untuk mengatur pemformatan. Opsi digunakan untuk memberikan peandaan terhadap format teks dalam dokumen yang umumnya sangat kompleks. Misalnya untuk kebutuhan publikasi. Bila opsi ini diaktifkan, tanda pemformatan yang tampil hanya terlihat pada monitor tetapi tidak akan mempengaruhi dokumen daat pencetakan.
Pengaturan-MS-Word-Display
Menu Display ini juga berisi pengaturan tampilan dokumen saat dicetak. Pengaturan dapat dilakukan dengan memberikan tanda cek pada opsi bagian Printing Options.

Proofing

Menu Proofing berisi pengaturan untuk pengecekan ejaan dan tata bahasa (Spelling and Grammar) dan Autocorrect pada dokumen.
Proofing-word-Options

Save

Pada tab Save berisi pilihan untuk mengatur penyimpanan dokumen. Pada menu ini anda dapat menentukan format file yang akan digunakan, fungsi autorecovery, dan pengaturan lainnya.
Save-Word-Options

Advanced

Tab Advanced berisi pengaturan tingkat lanjut dan mencakup hampir semua pengaturan yang dapat anda lakukan pada ms word. Dari semua kategori yang ada, menu paling penting untuk diperhatikan adalah menu Display.
Advanced-Word-Options
Pada tab Advance kategori Display terdapat pengaturan tingkat lanjut yang berhubungan dengan tata letak dokumen di layar, antara lain :
  • Show this number of recent document. Ketika anda mengklik microsoft office word Button di sebelah kanan menu terdapat nama-nama dokumen yang pernah dibuka. Opsi ini digunakan untuk menentukan jumlah dokumen yang akan ditampilkan.
  • Show measurements in unit of, untuk mengubah satuan ukuran yang dipakai pada Microsoft Word. Pada kondisi default, satuan ukuran yang dipakai adalah inci. Anda dapat menggantinya dengan sentimeter atau satuan ukuran lain untuk memudahkan dalam mengatur dokumen.

Customize Ribbon

Pada tab ini anda akan menemui pengaturan yang berhubungan dengan Toolbar. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel Mengenal Antarmuka Ms Word yang lalu. Pada pengaturan ini anda bisa menambahkan, mengedit, dan menghapus tab Ribbon dan group menu sesuai dengan kebutuhan. Caranya bisa anda lihat pada tutorial Cara membuat ribbon toolbar.
Customize-Ribbon-Word-Options

Quick Access Toolbar

Tampilan dari pengaturan ini hampir sama dengan Customize Ribbon, hanya saja disini yang ditampilkan adalah menu untuk mengatur Quick Access Toolbar.
Quick-Access-Toolbar-Word-Options

Add-Ins

Semua software pasti memiliki keterbatasan. Untuk mengatasi keterbatasan, umumnya vendor software akan menyertakan fasilitas Add-Ins pada software produksinya. Fasilitas Add-Ins berfungsi untuk menambah fasilitas pada program baik itu oleh vendor itu sendiri maupun vendor lain. Hal tersebut diadopsi untuk meningkatkan fungsi dan performa aplikasi. Anda dapat menambah Add-Ins dengan mendownload dari internet.
Add-Ins-Word-Options

Trust Center

Berisi opsi-opsi pengaturan untuk keamanan dokumen ms word. Pengaturan ini bisa anda lakukan asalkan terkoneksi dengan internet.
trust-Center-Word-Options

Bila memiliki pengetahuan yang cukup mengenai keamanan dokumen dan komputer, ada baiknya anda mengubah opsi yang dianggap perlu. Untuk mengatur keamanan dokumen silahkan klik tombol Trust Center Setting.
Info Terkait :

Belajar Mengenal Pengaturan Area Kerja Microsoft Office Word Untuk Pemula

0 Response to "Belajar Mengenal Pengaturan Area Kerja Microsoft Office Word Untuk Pemula"

Posting Komentar